Friday, May 3, 2013

KARAKTERISTIK BATAUAN



Sebagian besar yang menjadi penyusun utama bumi adalah batuan yang terdiri dari berbagai jenis, kebanyakan dari pada batuan merupakan campuran dari pada mineral yang bergabuang secara fisik dan kimiawi. Beberapa batuan terutama tersusun dari jenis mineral saja, dan sebagaian kecil lagi dibentuk oleh gabungan mineral, bahan organik dan bahan vulkanik, batuan dapat digolongkan berdasarkan warna, kekerasan, kandungan kimia dan sebagainya. Salah satu pergolongan batuan dimanfaatkan oleh para pakapentr ilmu pengetahuan tentang bumi adalah didasarkan atas penyebab kejadian batuan (proses terbentuk). Berdasarkan cara batuan dapat dikategorikan menjadi 3 bagian yaitu : Batuan Beku, Batuan Sendimen, dan Batuan Metamorf.

a. Batuan Beku
   Batuan beku adalah batuan yang terjadi dari pembekuan materi yang kental yang berasal dari bagian dalam bumi (magma). Magma yang bergerak dari dalam bumi menuju ke permukaaan semakin lama akan membeku, kaibat dari pada proses perubahan suhu yaag terjadi secara pertahap. Proses pergerakan magam membutuhakan waktu yang sangat lama sehingga mencapai permukaan bumi yang sudah membeku, sehingga dikenal dengan nama batuan beku. Contoh : Granit
b. Batuan Sendimen
    Batuan Sendimen adalah batuan yang terjadi akaibat pengedapan material yang tererosi, batuan ini berasal dari batuan yang telah ada dan mengalami sedimentasi, baik batuan beku, metamorf ataupun bataun sendimen lainya yang mengalami pelapukan yang tererosi terbawa kemudian diendapkan ketempat lain.
c. Batuan Metamorf
    Batuan Metamorf adalah batuan yang telah mengalami perubahan dari bentuk asalnya telah ada, baik berupa batuan beku maupun batuan sendimen.

No comments:

Post a Comment