Sunday, May 5, 2013

PETA GEOLOGI




Peta geologi merupakan sarana untuk menggambarkan tubuh batuan, penyebaran batuan, kedudukan unsur struktur geologi dan hubungan satuan batuan serta mengrangkum berbagai data lainnya. Peta geologi juga merupakan gambaran teknis dari permukaan bumi dan sebagaian bawah permukaan yang mempunyai arah, unsur-unsur yang mempunyai gambaran geologi, dinyatakan  sebagai garis yang mempunyai kedudukan pasti.
Pada dasarnya peta gologi merupakan rangkaian dari hasil beberapa kajian lapangan. Hal ini pula mengapa pemetaan geologi diartikan sama dengan geologi lapangan. Peta geologi umumnya dibuat diatas sustu peta dasar (peta topografi/rupabumi) dengan cara mengplot singkapan-singkapan beserta unsur yang struktur geologinya diatas peta dasar tersebut. Pengukuran kedudukan batuan dilakukan dengan menggunakan kompas geologi. Kemudian dengan menerapkan hukum-hukum geologi dapat ditaraik batas dan sebaran satuan batuan serta unsur-unsur strukturnya sehingga menghasilkan peta geologi yang lengkap.
Peta geologi dibuat berlandaskan  dasar dan tujuan ilmiah dimana memanfaatkan lahan, air dan sumber daya ditentukan atas dasar peta geologi. Peta geologi menyajikan sebaran dari batuan dan tanah di permukaan atau dekat dengan permukaan bumi, yang merupakan penyajian ilmiah yang paling baik yang mengahasilkan informasi yang di butuhkan para pengambil keputusan untuk mengidentifikasi dan mencegah sumber daya bernilai dari bencana alam dan menetapkan kebijakan dalam pemanfaatna lahan.

No comments:

Post a Comment